Xabi Alonso adalah seorang gelandang kreatif yang dimiliki oleh Real Madrid dan timnas Spanyol, pemain ini memiliki ketenangan dan kreatifitas diatas rata-rata. Walaupun umurnya sudah melampaui masa emas namun ketenangan dan visinya di lapangan tengah masih dimiliki dengan baik. Maka tidak heran walaupun saat ini dirinya harus berkutat dengan masalah cedera, tetapi beberapa klub besar Eropa masih tetap tertarik untuk memakai jasanya.

Salah satu klub besar Eropa yang tertarik untuk mendatangkan Xabi Alonso adalah juara Liga Italia musim lalu, Juventus. Juve dikabarkan tertarik untuk memboyong Xabi ke Turin setelah pemain ini jarang mendapatkan kesempatan utama lagi pasca semakin banyaknya lini tengah Real Madrid di huni oleh banyak pemain muda berkualitas. Juve yang sejak di tangani Conte mengandalkan lini tengah sebagai poros kekuatan utamanya memang membutuhkan pemain tengah tambahan untuk mengarungi kompetisi yang banyak dan padat.

Saat ini lini tengah Juventus di huni oleh beberapa pemain berbakat dan potensial sebuat saja nama Claudio Marchisio, Kwando Asamoah, Arturo Vidal dan terutama sang wonder kid Paul Pogba. Keempat pemain tersebut adalah pemain yang sedang dan akan berada pada usia emas, jadi secara visi dan skill tidak perlu di ragukan lagi. Namun untuk mengarungi kompetisi yang ketat tidak hanya di butuhkan visi dan skill semata untuk menghadapinya, namun juga perlu untuk ketenangan dan mental yang baik.

Juventus berminat mendatangkan Xabi Alonso

Juventus terus pantau situasi Xabi Alonso

Berbicara masalah mental, praktis saat ini hanya Andrea Pirlo pemain tengah Juve yang memiliki ketenangan dan sikap kepemimpinan yang baik. Juve perlu tambahan pemain tengah yang memiliki jiwa leader yang baik seperti halnya Pirlo, dan sosok tersebut ada pada diri Xabi Alonso yang sangat tenang di lini tengah serta beberapa kali menjabat sebagai kapten. Sikap leader Xabi dinilai pas untuk membimbing beberapa pemain tengah Juventus lainnya yang lebih muda.

Untuk merealisasikan kepindahan Xabi, Juve kabarnya sudah melayangkan tawaran sebesar enam juta Euro. Sementara di pihak Alonso melalui agennya yakni Inaki Ibanez mengaku bahwa peluang hijrah bagi Xabi masih terbuka namun saat ini pemainnya masih fokus pada pemulihan cedera yang membekapnya.